Komando Pasifik Amerika Serikat


Militer Amerika Serikat

Komando Pasifik Amerika Serikat (USPACOM) adalah komando tempur gabungan dari angkatan bersenjata Amerika Serikat. Dipimpin oleh seorang Panglima Besar Komando Pasifik, beliau adalah pemimpin militer tertinggi untuk seluruh kesatuan angkatan bersenjata Amerika Serikat yang berada dibawah daerah kekuasannya. Hanya Presiden Amerika Serikat sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata dan Menteri Pertahanan yang mempunyai otoritas yang lebih tinggi. USPACOM adalah komando pertahanan yang tertua dan terbesar dari sepuluh komando tempur gabungan yang ada. Bermarkas di pulau O'ahu di Honolulu, Hawaii, daerah pengawasan Komando Pasifik Amerika Serikat meliputi dari pantai barat Amerika Serikat sampai dengan perbatasan bagian barat India dan dari Antartika sampai dengan Kutub Utara.
Kekuatan tempur utama dari Komando Pasifik ini terbentuk dari Angkatan Darat bagian Pasifik, Pasukan
Marinir bagian Pasifik, Armada Pasifik AL, dan Angkatan Udara. Semua angkatan ini bermarkas di Honolulu dengan kekuatan tambahan yang ditempatkan hampir diseluruh daerah kekuasaan.

Struktur kekuatan
USPACOM adalah komando gabungan dengan anggota kurang lebih 300,000 orang personel militer dari Angkatan darat, Angkatan laut, Angkatan udara dan korps Marinir (kira-kira 20 persen dari seluruh kekuatan militer aktif Amerika Serikat). Kekuatan ini terbagi dalam tiga kategori: pasukan depan (kira-kira 100,000), pangkalan aju (forward based), dan pangkalan di daratan AS sebagai sisanya.